Jumat, 25 Januari 2013

FOKUS: Kekayaan Real Madrid & Barcelona = Problem Besar La Liga Spanyol

Mssi - Cr7 el clasico
Untuk tahun keempat beruntun, Real Madrid dan Barcelona memuncaki tabel untuk penghasilan klub sepakbola dalam 12 bulan sebelumnya, dengan klub ibu kota berada di tempat teratas untuk edisi kedelapan secara konsekutif dengan pemasukan overall lebih dari €500 juta (mereka adalah tim pertama yang mencapai ini), diikuti oleh rival sengit mereka (€483 juta). Angka-angka yang membanggakan bagi kubu Castilla dan Catalan, tapi statistik mengecewakan buat sisa kontestan La Liga.

Ambil Valencia sebagai contoh. Mereka terlempar dari top 20 musim ini, untuk digantikan oleh sebuah tim yang saat ini berada tipis di atas zona relegasi di Liga Primer, Newcastle. Padahal Los Che finis ketiga di La Liga dalam tiga musim terakhir, masih menjadi tim terakhir di luar dua besar Spanyol yang berhasil menyabet titel Primera Division (pada 2002 dan 2004), dan merupakan satu-satunya klub di luar duo raksasa dari Tanah Matador tersebut yang sanggup menapaki final European Cup atau Liga Champions (2000 dan 2001) sejak Atletico Madrid pada 1974. Namun Tim Kelelawar sekarang ini dilumpuhkan oleh utang, dipaksa untuk menunda pembangunan stadion Nou Mestalla, telah menjual sebagian besar pemain terbaik mereka dalam beberapa tahun terakhir (termasuk David Villa, Juan Mata, David Silva, dan Jordi Alba), dan sulit berbicara banyak di Liga Champions dalam beberapa musim ke belakang. Yang lebih parah dari itu, Valencia baru saja digilas Madrid 5-0 di kandang sendiri pada Minggu lalu. Meski menjadi 'best of the rest' dalam beberapa musim terkini, mereka pada dasarnya tak bisa bersaing dengan dua kekuatan utama.

Setelah 20 pekan La Liga, Atletico Madrid berada di posisi kedua, tapi tim besutan Diego Simeone akan dipaksa untuk berpisah dengan striker bintang Radamel Falcao pada musim panas demi memangkas utang dan kini juga berada di luar 20 besar daftar Deloitte.

Di antara 20 tim terkaya, tujuh berasal dari Inggris (Manchester United, Chelsea, Arsenal, Manchester City, Liverpool, Tottenham, dan Newcastle), lima dari Italia (AC Milan, Juventus, Inter, Napoli, dan Roma), empat dari Bundesliga (Bayern Munich, Borussia Dortmund, Schalke, dan Hamburg), dua dari La Liga (Madrid dan Barca), dan dua lagi dari Prancis (Olympique de Marseille dan Olympique Lyonnais).

0 komentar:

Posting Komentar

 
;