Jumat, 25 Januari 2013

Piala Afrika: Kiper Cetak Gol, Zambia Tahan Nigeria

Nigeria vs zambia
Tendangan penalti yang dilesakkan kiper Kennedy Mweene lima menit menjelang bubaran, mampu menyelamatkan juara bertahan Zambia dari kekalahan atas Nigeria dalam lanjutan Piala Afrika 2013, Jumat (25/1) di Mbombela Stadium.
Hasil 1-1 itu membuat Zambia dan Nigeria kembali meraih satu poin. Keduanya berada di posisi satu-dua klasemen sementara Grup C dengan nilai dua. Tim lainnya, Burkina Faso dan Ethiopia masih akan bertanding pada Sabtu (26/1) dini hari WIB.
Di awal babak pertama, para pemain Zambia kerap maju ke depan dan membangun serangan. Akan tetapi, serangan mereka terlihat sporadis dan tak terlalu membahayakan Nigeria. Sebaliknya, Nigeria lebih mampu bermain tenang dan kerap memainkan bola di lapangan tengah.
Menit 25, Nigeria mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol ketika Ahmed Musa dijatuhkan Davies Nkausu di kotak terlarang. Sayangnya, eksekusi penalti yang dijalankan John Obi Mikel tidak berhasil. Bola tendangan gelandang Chelsea ini melebar jauh di atas gawang.
Di akhir babak pertama Zambia nyaris memecah kebuntuan. Rainford Kalaba mampu menemukan Isaac Chansa di samping kotak penalti. Sayang, crossing berbahaya yang dilakukan Chansa tak mampu disambar oleh rekannya. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata.
Pada babak kedua, tempo permainan sedikit meningkat. Peluang emas bagi Nigeria terjadi di menit 56. Emenike berhasil melakukan chip dan melewati kiper Zambia, namun bola masih melambung tipis di atas gawang.

Tak lama berselang, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Mikel mampu memberikan umpan terobosan kepada Emenike dan striker Spartak Moskwa ini langsung menaklukan Kennedy Mweene untuk membuat Super Eagles unggul 1-0.
Zambia langsung bereaksi dengan menggantikan dua pemainnya sekaligus. Dampaknya sedikit terasa ketika Rainford Kalaba gagal menyelesaikan peluang one on one di menit 72. Sepuluh menit berselang giliran Collins Mbesuma juga hampir mencetak gol. Sayang, tendangannya terlampau lemah sehingga meudah dikuasai oleh Vincent Enyeama.
Menit 85, Zambia mendapat penalti ketika Ogenyi Onazi dianggap melanggar Emmanuel Mayuka di kotak penalti. Sang kiper Kennedy Mweene yang ditunjuk menjadi algojo penalti sukses menunaikan tugasnya untuk menyarangkan bola ke pojok gawang Enyeama.
Zambia mampu menyamakan skor ketika pertandingan menyisakan lima menit. Namun, sampai tambahan waktu empat menit yang diberikan wasit, kedua tim tak mampu mencetak gol.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;